1:50 - 18 Juli 2018

Pengamanan Unjuk Rasa ARKM Kabupaten Sumenep

Selasa, 26 November 2013, 11:42 | Giat Polres, BERITA | 0 Comment | Read 1140 Times
by admin

Unras25

SUMENEP-Polres Sumenep pada hari Senin (25/11/2013) pukul 10.30 Wib 92 Personil Dalmas Sat Sabhara Polres Sumenep melaksanakan pengamanan unjuk rasa yang dilakukan oleh Aliansi Rakyat Kepulauan Masalembu (ARKM) sebanyak lebih kurang 20 Orang yang dilakukan di depan kantor DPRD Sumenep.

Dalam kegiatan tersebut yang bertindak sebagai Koordinator Lapangan (Korlap) adalah Saudara ACHMAD SHOLEH, peserta aksi mengendarai puluhan ranmor R2 yang membawa pengeras suara (megaphone) dan beberapa pamflet/poster yang bertuliskan antara lain :

1. Bupati jangan tutup mata.
2. Pemda lumpuh disandera pengusaha.
3. Cabut ijin AMPS.
4. Pecat pejabat korup.
5. APMS kejam tak tertandingi.
6. BBM mahal rakyat sekarat.
7. Awasi distribusi BBM kepulauan.
8. Usut tuntas penyalahgunaan distribusi kuota BBM oleh oknum pengusaha BBM.
9. BBM langka, rakyat sengsara, Pemda tutup mata.
10. Pak Bupati mana janjimu?.
11. Pecat Kabag Perekonomian.
12. Pemda tak berdaya di hadapan APMS.

Pelaksanaan aksi bermula saat peserta aksi tiba di depan Kantor DPRD Kab. Sumenep, dilanjutkan orasi oleh korlap aksi yang intinya terkait kelangkaan BBM di wilayah kepulauan Masalembu dan dugaan penyelewengan yang dilakukan onkum Agen Premium, Minyak dan Solar (APMS), maka menuntut kepada Bupati Sumenep dan pihak DPRD Kab. Sumenep, agar :

1. Segera merekomendasikan pihak Pertamina untuk mencabut kontrak kuota pendistribusian serta perijinan lainnya yang telah diberikan kepada APMS Masalembu, sesuai dengan pasal 6 ayat 1 Perbup Sumenep Nomor 03 Tahun 2011.
2. Menyusun ulang kebijakan distribusi BBM ke kepulauan Masalembu.
3. Mengefektifkan kebijakan rekom sebagai terobosan hukum alternatif sementara.
4. Mengawasi secara serius proses distribusi BBM dengan segala dukungan struktur dan infrastruktur pemerintahan.
5. Mengusut dugaan keterlibatan oknum pejabat pemda dalam penyelewengan BBM di kepulauan Masalembu

6. Memecat dan memberhentikan oknum yang terbukti secara benar dan menyakinkan telah menyalahgunakan jabatan dan kewenangannya.

Dalam orasinya korlap aksi juga menuntut pihak Polres Sumenep agar :
1. Mengusut tuntas dugaan penyalahgunaan kuota BBM oleh oknum pengusaha BBM dan indikasi korupsi jabatan yang muncul dari proses penertiban rekomendasi, mulai tingkat Forpimka hingga tingkat Pemkab.
2. Aktif melakukan pengawasan terhadap pendistribusian BBM ke kepulauan Masalembu, terutama pengawasan ditingkat pendistribusian ke konsumen / masyarakat.
3. Tidak melindungi kejahatan ekonomi yang ada dalam proses distribusi BBM ke kepulauan Masalembu.

IMAG0388(3)
Kemudian semua peserta aksi diterima masuk ke dalam Kantor DPRD Kab. Sumenep, lalu dilanjutkan audiensi di ruang Komisi A, yang dipimpin oleh Moh. Riadi (anggota Komisi A dari PKS) dan dihadiri Ir. H. Moh. Syahrial, MM (Asisten Ekonomi dan Pembangunan), Drs. Moh. Hanafi, MM. (Kabag Perekonomian), Hermanto (Kasubag Perekonomian), Ir. H. Jakfar (Dinas Perikanan dan Kelautan) dan Dadang Iskandar, S.H. (unsur ESDM), yang hasilnya antara lain :
1. Bahwa Pemkab Sumenep tidak mempunyai kewenangan memberikan keputusan, karena sepenuhnya kebijakan dari Pertamina, terkait pendistribusian dan pencabutan ijin APMS, dalam hal ini Pemkab hanya bertugas mengawasi distribusi BBM, namun Pemkab bersedia memfasilitasi penyelesaian masalah kelangkaan BBM di kepulauan Masalembu.
2. Pihak Pemkab sudah melakukan upaya memberikan tegoran kepada pihak APMS dan akan memperbaiki kinerja APMS, selain itu apabila ada oknum yang ditemukan melakukan penyelewengan agar dihukum bersama-sama, disamping itu Pemkab berupaya mempercepat dan menambah kuota distribusi BBM ke kepulauan.
3. Dinas Perikanan dan Kelautan secara tegas tetap akan membuat rekomendasi pengiriman BBM ke kepulauan selama diperuntukan bagi nelayan.

Pelaksanaan Unjuk Rasa oleh Aliansi Rakyat Kepulauan Masalembu (ARKM) berakhir pukul 12.40 WIB dengan berjalan tertib dan tidak ada kejadian yang menonjol.(humas.sumenep)

Leave a reply

Pooling Pelayanan

Apakah pelayanan di Polres Sumenep sudah memuaskan

View Results

Loading ... Loading ...

Berita Jatim

Invalid or Broken rss link.

Recent Comments

Al Farisi: Super mantep......
bay hms: terima kasih bapak atas kepedulian dan laporannya....
hendrawansyah: sy pengen pengururusan skck ini cepat...
Fauzan: Salam hormat bapak ibu jajaran polres sumenep, moh...
Moh ja'far: Saya kecewa terhadap pelayanan samsat sumenep terh...
dita: Bapak, mohon informasi mengenai keberlanjutan band...
Arman: Cara perpanjang skck yang sudah kadaluarsa 1 bulan...
IRWAN ERIYANTO: SAYA MOHON LAPORAN SAYA UNTUK SEGERA DI TINDAK LAN...
imam: Selamat malam , jajaran bapak polisi sumenep yang ...
Kanit Reskrim Kangayan: Mantab Komandan...sekali kerja dikepulauan langsun...