4:56 - 19 Februari 2018

Menteri UKM RI datangi pengrajin di Kabupaten Sumenep

Senin, 26 September 2016, 13:13 | Giat Polres, BERITA | 0 Comment | Read 188 Times
by Subbaghumas

afdafdasfdsSumenep-Menteri Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Republik Indonesia Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga Kunjungi sentra Pengrajin Batik dan sentra pengrajin keris Binaan Diskop Kabupaten Sumenep.Minggu (25/9/2016).
Dalam menyambut kedatangan Menteri Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Polres sumenep telah menyiagakan pesonil-personilnya dibeberapa titik guna kelancaran kunjungan kerjanya di Kabupaten Sumenep.
Kedatangan Menteri Koperasi dan UKM RI disambut oleh Bupati Sumenep Dr. KH. A BUSYRO KARIM, Kapolres Sumenep AKBP H.JOSEPH ANANTA PINORA,S.I.K.,M.Si dan Forpimda Kabupaten Sumenep serta Plh Diskop Sumenep CARTO di Desa Aeng Tong-tong Kecamatan Saronggi Kabupaten Sumenep sebagai desa pengrajin keris.
Dikatakan CARTO sebelumnya menteri juga kunjungi Sentra pengrajin Batik Melati di Desa Pakandangan Barat Kecamatan Bluto.
“Pak menteri juga melihat langsung praktek pembuatan Batik dari proses awal kain gambar sampai proses barang jadi dan diteruskan ke Desa Aeng Tong Tong sebagai sentra industri kecil pengrajin keris bahkan pak menteri juga melihat langsung proses pembuatan keris,” terangnya.
Ia menambahkan Karena Sumenep saat ini tercatat memiliki jumlah pengrajin sebanyak 272 orang yang terbagi dalam tiga kelompok. Salah satunya kelompok Sanggar Arya Wiraraja dengan pengrajin 72 orang. Kelompok ini mampu memproduksi 80 buah yang terdiri dari wilah, rangka dan keris.
“Satu pengrajin bisa dua sampai tiga keris per hari. Dan hasil karya mereka dipasarkan ke antar Kota seperti Solo, Jogja dan Jakarta serta bisa menembus pasaran dunia diantaranya Malaysia, Amsterdam hingga Swiss,” imbuhnya.
Menurutnya, adapun omset perbulan rata-rata Rp. 50 juta perkelompok. Karena harga keris mulai dari Rp. 250 ribu per batang hingga Rp. 75 juta per/batang keris.(humas sumenep)

Leave a reply

Pooling Pelayanan

Apakah pelayanan di Polres Sumenep sudah memuaskan

View Results

Loading ... Loading ...

Berita Jatim

Invalid or Broken rss link.

Recent Comments

Al Farisi: Super mantep......
bay hms: terima kasih bapak atas kepedulian dan laporannya....
hendrawansyah: sy pengen pengururusan skck ini cepat...
Fauzan: Salam hormat bapak ibu jajaran polres sumenep, moh...
Moh ja'far: Saya kecewa terhadap pelayanan samsat sumenep terh...
dita: Bapak, mohon informasi mengenai keberlanjutan band...
Arman: Cara perpanjang skck yang sudah kadaluarsa 1 bulan...
IRWAN ERIYANTO: SAYA MOHON LAPORAN SAYA UNTUK SEGERA DI TINDAK LAN...
imam: Selamat malam , jajaran bapak polisi sumenep yang ...
Kanit Reskrim Kangayan: Mantab Komandan...sekali kerja dikepulauan langsun...