7:33 - 20 Juli 2018

KAPOLSEK SARONGGI BERSAMA UNSUR MUSPIKA KEC SARONGGI MENGHADIRI MUSREMBANGDES DI DESA TALANG

Kamis, 25 Januari 2018, 15:52 | Polsek Saronggi, POLSEK JAJARAN | 0 Comment | Read 104 Times
by polsek saronggi

POLRES SUMENEP.NET Badan Permusyawaratan Desa Talang (BPD Talang), Kamis (25/1/2018) menggelar Musyawarah Desa untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah Desa Tahun 2019 (RKP Desa Tahun 2018). Musyawarah dilakukan di Balai Desa talang dan diikuti oleh -+ 70 orang peserta yang mewakili unsur BPD, Pemerintah Desa, unsur lembaga kemasyarakatan desa, perwakilan kelompok usaha masyarakat, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pendidik, perwakilan perempuan, serta perwakilan pemuda. Selain peserta musyawarah hadir juga unsur Muspika Kecamatan Saronggi .

Musyawarah dipimpin dan dibuka oleh Ketua BPD Talang, Sutarman.  Pada pidato pembukaannya, pimpinan musyawarah mengajak kepada peserta untuk bisa mengikuti musyawarah dengan sebaik-baiknya. Pimpinan musyawarah juga menyampaikan, bahwa musyawarah desa yang dilaksanakan dalam rangka penyusunan RKPDesa Tahun 2018, telah berpedoman pada Peraturan Menteri Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 2 Tahun 2015 tentang Pedoman Tata Tertib dan Mekanisme Pengambilan Keputusan Musyawarah Desa. Dalam kesempatan itu pimpinan musyawarah juga mengingatkan agar peluang yang diberikan oleh Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa yang memberikan kewenangan yang luas kepada Desa untuk bisa diijalankan bersama dengan semangat kegotongroyongan.

Setelah membuka Musyawarah Desa, pimpinan musyawarah mempersilakan Kepala Desa untuk menyampaikan pokok-pokok pembicaraan yang akan dibahas dalam Musyawarah Desa. Pada kesempatan itu Kepala Desa Talang, Hj.Mu’immah menyampaikan rancangan program dan kegiatan yang menjadi prioritas untuk tahun 2019. Kepala Desa Talang juga memberikan berbagai informasi terkait dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Tahun Anggaran 2018, serta tata laksana pembangunan desa berdasarkan peraturan terbaru.

Selanjutnya pimpinan musyawarah memberikan kesempatan kepada bapak PLT camat Saronggi yaitu Bapak MUH.BAHAUDIN untuk memberikan sambutan ,yang intinya dalam penyerapan  DD dan ADD harus tepat sasaran dan peruntukannya bener-bener di rasakan  oleh masyarakat talang  dan jangan sampai ada penyelewengan anggaran DD dan juga ADD ujar MOH.BAHAUDIN.

Sambutan selanjutanya di berikan Oleh Kapolsek Saronggi  IPTU MOCH.RACHMATULLAH Pengawasan penggunaan dana desa terus diperkuat. Saat ini, para Kapolsek dan Bhabinkamtibmas juga diberi tugas mempelototi anggaran yang diperuntukkan pembangunan desa ini. Tugas itu diberikan setelah ditandatanganinya Memorandum of Undesrstanding (MoU) bersama antara Kapolri Jenderal Tito Karnavian Menteri Dalam Negeri, Tjahyo Kumolo, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo tentang pencegahan, pengawasan dan penanganan permasalahan dana desa

Kapolsek menambahkan, dalam melaksanakan tugasnya, seorang camat pastinya tidak bisa bekerja sendiri. Tapi ia juga harus berkordinasi dengan jajaran lainnya. Salah satunya dengan pihak kepolisian, dalam hal ini Kapolsek. Ini pula nanti yang akan diterapkan dalam pengawasan dana desa, setelah MoU diteken. Kapolsek berharap dengan mekanisme tersebut, dimana camat dan Kapolsek ikut mengawasi, dana desa lebih optimal dan tepat sasaran. Sehingga dana desa bisa jadi penggerak pembangunan dan kesejahteraan masyarakat desa Talang. Apalagi, komitmen Presiden sudah sangat jelas, desa menjadi salah satu fokus pembangunan Di sela-sela sambutannya kapolsek Saronggi Iptu MOCH RACHMATULLAH menyampaikan bahwa di provinsi Jawa Timur akan mengadakan pesta demokrasi yaitu pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah oleh karena itu Polri mengerahkan Bhabinkamtibmas karena setelah Tugas Polri itu ada tiga terkait dengan pemilu. Pertama, mewujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif agar pilkada berjalan aman, tertib dan lancar. Karena itu masyarakat desa talang di minta agar jangan modah di profokasi oleh orang yang tidak bertanggung jawab,dan masyarakat harus ikut serta menjaga keamanan di lingkungan masing-masing,agar tercipta situasi yang aman dan kondusif masyarakat harus menggunakan azas LUBER dalam menghadapi pemilukada yang akan datang jika itu di lakukan isyaallah pemilukada yang akan datang aman kondusif ucap Kapolsek.

Hasil kesepakatan dalam Musyawarah Desa dituangkan dalam Berita Acara Musdes, dilampiri dengan catatan, laporan singkat Musdes, undangan dan daftar hadir. Berita Acara Musdes ditandatangani oleh Ketua BPD, Kepala Desa dan wakil masyarakat dengan harapan semoga pembangunan Desa Talang bisa meningkatkan kesejahteraan warga Desa Talang. Amin

Leave a reply

Pooling Pelayanan

Apakah pelayanan di Polres Sumenep sudah memuaskan

View Results

Loading ... Loading ...

Berita Jatim

Invalid or Broken rss link.

Recent Comments

Al Farisi: Super mantep......
bay hms: terima kasih bapak atas kepedulian dan laporannya....
hendrawansyah: sy pengen pengururusan skck ini cepat...
Fauzan: Salam hormat bapak ibu jajaran polres sumenep, moh...
Moh ja'far: Saya kecewa terhadap pelayanan samsat sumenep terh...
dita: Bapak, mohon informasi mengenai keberlanjutan band...
Arman: Cara perpanjang skck yang sudah kadaluarsa 1 bulan...
IRWAN ERIYANTO: SAYA MOHON LAPORAN SAYA UNTUK SEGERA DI TINDAK LAN...
imam: Selamat malam , jajaran bapak polisi sumenep yang ...
Kanit Reskrim Kangayan: Mantab Komandan...sekali kerja dikepulauan langsun...