9:46 - 18 Juli 2018

Kapolsek dan Wakapolsek Sumenep Kota Pimpim PAM Isra’ Mi’ra’ di Masjid Jamik Sumenep

Sabtu, 14 April 2018, 13:08 | Polsek Sumenep Kota, BERITA, POLSEK JAJARAN, Giat Polsek | 0 Comment | Read 73 Times
by sumenep kota

Sumenep – Jum’at tanggal 13 April 2018, pukul 20.00 S.d 22.00 Wib, bertempat di Masjid Jamik Sumenep jalan Trunojoyo No.6 Kel. Bangselok Kec.Kota Kab.Sumenep. Telah di laksanakan kegiatan pengajian umum dalam rangka memperingati Isro’ Mi’roj Nabi Muhammad SAW 1439 H. Dengan penceramah K. ABD. WAHID, MPd.I; Yang di selenggarakan oleh Takmir Masjid Jamik Sumenep, dengan penanggung jawab Bapak Husin Satriawan Selaku Ketua Takmir Masjid Jamik dan undangan lk. 300 jemaah.

Undangan yang turut hadir :
1. Bupati Sumenep diwakili oleh Drs. Ec. Carto, MM. Asisten pemerintahan dan pembangunan.
2. Komandan Kodim 0827 Sumenep diwakili oleh Mayor Arm Budi Susilo Wibowo Kasdim 0827 Sumenep.
3. Kasat Intelkam AKP. MOHAMAD HERI. SH.
4. Kapolsek Sumenep Kota Ibu AKP WIDIARTI S.SH.
5. Bapak Drs. Wahyu Plt. Camat Kota Sumenep.
6. K. ABD. WAHID, MPd.I, pengasuh ponpes ” Nurul Hidayah ” AengBaje Kenek Bluto Sumenep.
7. Para ulama.
8. Nadir Masjid Jamik
9. Masyarakat Sumenep.

Susunan kegiatan :
1. Pembacan ayat suci Al-Quran yang dibacakan oleh Ust. Basuki Yahya dan di lanjutkan Sholawat Nabi.
2. Laporan ketua panitia.
3. Sambutan Drs. Ec. Carto, MM. Asiten pemerintahan dan pembangunan, menyampaikan :

a. Pertama-tama marilah kita panjatkan puji sukur kehadiran Allah SWT, karna kita telah di pertemukan dengan indah dengan menghadiri Isro’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1439 H di Masjid Jamik Sumenep.
b. Saya atas nama pemerintah Kab. Sumenep, menyampaiakan terimah kasih kepada panitia secara istikomah dalam melaksanakan kegiatan ini setiap tahunnya.
c. Peristiwa isro’mi’raj Nabi Muhammah SAW perjalan Nabi menjarkan kepada kita betapa pentingnya kebersihan hati. Sebagai bekal perjalan besar.
d. Selain itu pula Nabi Muhammad SAW, juga selalu mengingat kita semua tentang pentingnya ahlak mulia sebagai landasan kebersamaan dan perstuan yang melekat dengan melekat Uhkuwah.
e. Pembangunan yang kita lakukan harus di bangun dengan rasa uhkuwah sebab Islam yang sebagai rahmatan lil alamin.
f. Kaum muslimin yang berbagai pemerintahan Kab.Sumenep, terus beker mi kesenjangan sosial,kemiskinan, penganguran, akses kesehatan dan pendidikan.
g. Pemerintah tidak mungkin bekerja sendirian tampa dukungan semua lapisan masyarakat.

Ceramah dari K. ABD. WAHID, MPd.I, pengasuh ponpes ” Nurul Hidayah ” AengBaje Kenek Bluto Sumenep, yang menyampaiakan :

a. Saya ucapkan alhamdulillah kepada semua pihak dalam kehadiran acara ini, dengan keadaan yang begitu sempurna dalam menghadiri kegiatan Isro’mi’raj Nabi Muhammad SAW 1439 H, di Masijd Jamik Sumenep.
b. Isra Mi’raj adalah dua bagian dari perjalanan yang dilakukan oleh Muhammad dalam waktu satu malam saja. Kejadian ini merupakan salah satu peristiwa penting bagi umat Islam, karena pada peristiwa ini Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam mendapat perintah untuk menunaikan salat lima waktu sehari semalam.
c. Isra Mi’raj terjadi pada periode akhir kenabian di Makkah sebelum Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam hijrah ke Madinah. Menurut al-Maududi dan mayoritas ulama, Isra Mi’raj terjadi pada tahun pertama sebelum hijrah, yaitu antara tahun 620-621 M. Menurut al-Allamah al-Manshurfuri, Isra Mi’raj terjadi pada malam 27 Rajab tahun ke-10 kenabian, dan inilah yang populer.
d. Namun demikian, Syaikh Shafiyurrahman al-Mubarakfuri menolak pendapat tersebut dengan alasan karena Khadijah radhiyallahu anha meninggal pada bulan Ramadan tahun ke-10 kenabian, yaitu 2 bulan setelah bulan Rajab. Dan saat itu belum ada kewajiban salat lima waktu. Al-Mubarakfuri menyebutkan 6 pendapat tentang waktu kejadian Isra Mi’raj. Tetapi tidak ada satupun yang pasti. Dengan demikian, tidak diketahui secara persis kapan tanggal terjadinya Isra Mi’raj.
e. Peristiwa Isra Mi’raj terbagi dalam 2 peristiwa yang berbeda. Dalam Isra, Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam “diberangkatkan” oleh Allah SWT dari Masjidil Haram hingga Masjidil Aqsa. Lalu dalam Mi’raj Nabi Muhammad SAW dinaikkan ke langit sampai ke Sidratul Muntaha yang merupakan tempat tertinggi. Di sini Beliau mendapat perintah langsung dari Allah SWT untuk menunaikan salat lima waktu.
f. Bagi umat Islam, peristiwa tersebut merupakan peristiwa yang berharga, karena ketika inilah salat lima waktu diwajibkan, dan tidak ada Nabi lain yang mendapat perjalanan sampai ke Sidratul Muntaha seperti ini. Walaupun begitu, peristiwa ini juga dikatakan memuat berbagai macam hal yang membuat Rasullullah SAW sedih.

Penutup/ do’a. Oleh K. ABD. WAHID, MPd.I.

Dalam pelaksanaan kegiatan Isro’ Mi’roj Nabi Muhammad SAW 1439 H di Masjid Jamik Sumenep, telah di lakukan pengamanan oleh anggota lalu lintas Polres Sumenep dan anggota Polsek Sumenep Kota, yang di pimpin oleh Kapolsek Sumenep Kota Ibu AKP Widiarti S, SH. Situasi selama pelaksanaan berjalan dengan lancar dan aman.

Leave a reply

Pooling Pelayanan

Apakah pelayanan di Polres Sumenep sudah memuaskan

View Results

Loading ... Loading ...

Berita Jatim

Invalid or Broken rss link.

Recent Comments

Al Farisi: Super mantep......
bay hms: terima kasih bapak atas kepedulian dan laporannya....
hendrawansyah: sy pengen pengururusan skck ini cepat...
Fauzan: Salam hormat bapak ibu jajaran polres sumenep, moh...
Moh ja'far: Saya kecewa terhadap pelayanan samsat sumenep terh...
dita: Bapak, mohon informasi mengenai keberlanjutan band...
Arman: Cara perpanjang skck yang sudah kadaluarsa 1 bulan...
IRWAN ERIYANTO: SAYA MOHON LAPORAN SAYA UNTUK SEGERA DI TINDAK LAN...
imam: Selamat malam , jajaran bapak polisi sumenep yang ...
Kanit Reskrim Kangayan: Mantab Komandan...sekali kerja dikepulauan langsun...