1:10 - 20 Oktober 2019

Di Desa Masalima, Polsek-Koramil Sinergi Jaga Kamtibmas

Rabu, 17 Januari 2018, 16:45 | POLSEK JAJARAN, Polsek Masalembu | 0 Comment | Read 273 Times
by Polsek Masalembu

Sumenep-Polres-Sumenep.net Polsek Masalembu dan Koramil bersinergi dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas). Hal tersebut disampaikan kedua lembaga dalam acara sosialisasi yang berlangsung di Desa Masalima, Kecamatan Masalembu, Rabu (17/1/2018),

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolsek Masalembu, perwakilan dari Koramil, tokoh masyarakat, ulama, pemuda, perangkat kecamatan dan perangkat desa serta Kepala Desa. kegiatan sosialisasi berlangsung lancar dan mendapat apresiasi positif dari berbagai stakeholder. 

Kades Masalima Darussalam menyambut baik antusiasme semua kalangan dalam mensukseskan acara tersebut. “Kehadiran bapak ibu menunjukkan begitu pentingnya Kamtibmas. Sebab Kamtibmas penting dalam mendukung pembangunan di desa,” katanya. 

Sedangkan, Kasi Pemerintahan, Rasidi yang mewakili Camat Masalembu, mengungkapkan apabila Kamtibmas menjadi kunci kenyamanan masyarakat beraktivitas. Ia berharap ada tindak lanjut acara ini ke depannya. 

“Kami harap, ada upaya memberdayakan masyarakat untuk pedulu Kamtibmas,” ungkap dia. 

Ditambahkan Kapolsek Masalembu Iptu Marjito. Bahwa situasi dan kondisi nasional seperti unjuk rasa anarkis, narkoba, terorisme, tawuran antar kampung, begal secara langsung maupun tidak akan berpengaruh hingga ke tingkat bawah. 

Disisi lain, kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) yang tidak bisa dibendung juga membawa dampak seperti adanya tindakan kekerasan, pornografi dan kejahatan lain. Hal ini dikarenakan mudahnya akses masyarakat.

“Sehingga berpengaruh pada perilaku masyarakat. Yang ujung-ujungnya mengusik Kamtibmas di tataran bawah,” jelas dia. 

Konflik sosial antara nelayan lokal Masalembu dengan nelayan luar juga patut diantisipasi. Hal ini dapat mengganggu Kamtibmas. Bahkan, ia mencontohkan, ada nelayan Masalembu yang harus berurusan dengan hukum lantaran melakukan perusakan kapal dan pemerasan.

“Akibat dari batas kawasan dan wilayah tangkap ikan yang belum jelas. Sehingga gesekan antar nelayan lokal dan luar tak bisa dibendung. Dalam hal ini, perlu kedewasaan dan seharusnya tidak sampai bertindak melawan hukum,” papar dia. 

Pentingnya stabilitas Kamtibmas yang kondusif tidak sekadar menjadi keinginan aparat hukum. Melainkan sebuah kebutuhan lapisan masyarakat. 

“Sinergi antar stakeholder dan semua elemen masyarakat penting. Guna menjaga Kamtibmas di wilayah Kecamatan Masalembu,” papar dia lebih lanjut. 

Sementara, Koramil siap bersinergi dengan kepolisian dalam mengawal Kamtibmas. Pihaknya siap 24 jam apabila dibutuhkan. Tidak hanya berlaku bagi kepolisian, jika masyarakat menginginkan bantuan, TNI pun siap. 

“Jangan ragu-ragu bila butuh TNI. Kami akan selalu siap membantu sekuat tenaga,” pungkasnya. 

Leave a reply

Pooling Pelayanan

Apakah pelayanan di Polres Sumenep sudah memuaskan

View Results

Loading ... Loading ...

Recent Comments

andry bahtiar: Proses pendaftaran ulang 5 tahunan yang masyarakat...
Agus: Skitar pertengahn maret 2019, saya bayar pajak mot...
Jauhari: Admin, untuk jadwal samsat keliling baik malam har...
Ifa: Assalamualaikum Mw tanya pak klo skck udah buat d...
Ifa: Assalamualaikum Mw tanya pak klo skck udah buat d...
Hendri Kurniawan: Apresiasi setinggi-tingginya untuk Komando Kapal X...
Jjo hari mulya: Selamat siang, bisa saya melaporkan sebuah kasus p...
Faizal: Apakah saya bisa menggunakan SKCK Online di daerah...
Faizal: Kenapa aplikasi SKCK Online saya tidak bisa mengir...
m.sukri firdaus: sangat buruk dalam penanganan kasus pemukulan tsk ...